Darkforcearmy-Islami

Hukum seorang istri tidak izin suami saat keluar rumah

Bismillah
*PARA ISTRI HARUS IZIN PADA SUAMI APABILA HENDAK KELUAR RUMAH*
Seorang istri yang hendak keluar rumah hendaknya harus meminta izin kepada suami. Ini adalah salah satu bentuk dari ketaatan kepada suami. Perginya seorang istri dari rumah harus didasarkan atas kepentingan tertentu yang dibolehkan oleh syariat Allah SWT.
Ibnu Umar RA, berkata, "Aku pernah melihat seorang wanita datang menemui Nabi SAW seraya berkata, 'Ya Rasulullah, apa seorang suami atas istrinya? 'Beliau menjawab, 'Hak suami atas istri adalah istri tidak keluar rumah tanpa izin suami. Jika dia tetap melakukannya maka dia dilaknat oleh Allah, malaikat pemberi rahmat, dan malaikat kemarahan sampai dia bertaubat atau kembali" (Lihat kitab al-Muhadzdzab, karya asy-Syirazi).
.
Begitu pentingnya meminta izin kepada suami jika istri hendak keluar rumah sehingga diceritakan pula dalam riwayat lain sebagaimana berikut ini,
Dari Anas bin Malik dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwasanya ada seseorang yang bersafar dan memerintahkan istrinya untuk tidak keluar dari rumah. Ayah sang wanita tinggal di lantai dasar rumah, sedangkan sang wanita tinggal di lantai atas. Ayanya lalu sakit, maka sang wanita mengirim (utusan) kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam untuk menyebutkan kondisi ayahnya (*yaitu sang wanita ingin keluar dari rumahnya untuk menjenguk dan merawat ayahnya-pen) maka Nabi berkata, "Hendaknya engkau ta'at kepada suamimu". Lalu ayahnyapun meninggal. Maka sang wanita mengirim (utusan) kepada Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam (*minta izin keluar rumah untuk melayat ayahnya-pen) maka Nabi berkata, "Taatlah engkau kepada suamimu", lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengirim utusan kepadanya (mengabarkan) bahwasanya Allah telah mengampuni ayahnya karena ketaatan sang wanita kepada suaminya" (HR. At-Thobroni dalam Al-Mu'jam Al-Awshoth, 7/332 no 7648)
.
Jadi yang sudah jadi istri, harus selalu ingat bahwa izin pada suami utk keluar rumah itu hukumnya wajib ya, bahkan cuma mau beli cilok ke depan komplek aja juga harus izin lho.. Taat sama suami dalam kebaikan mah ga pernah ada ruginya, malah justru akan mengantarkan kita ke surga.. aamiin .
Wallahu a'lam

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Hukum seorang istri tidak izin suami saat keluar rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel